Gara-Gara Pandemi

 



Maret 2020 adalah bulan yang tidak akan mudah dilupakan oleh semua orang, terutama tenaga pendidik, pelajar dan mahasiswa. Dimana ketika penyebaran covid 19 makin meluas maka mas mentri Nadiem Makarim memutuskan sekolah melaksanakan PBM dengan pola BDR (bekerja dari rumah) bagi guru-guru dan PJJ (pembelajaran jarak jauh) bagi siswa siswi. Terutama daerah dengan status zona merah dan zona kuning. Tidak semua guru siap dengan kodisi yang tiba tiba berubah, maka diperlukan langkah cepat untuk mengatasi hal tersebut, karena proses belajar mengajar tidak boleh berhenti, sebagai pendidik tugas guru untuk mencerdaskan anak bangsa harus terus berjalan, maka tugas gurulah menyiapkan pembelajaran menyenangkan dan tidak membosankan selama PJJ..

SMPIT Iqra sebagai sekolah swasta di Kota Bengkulu yang memang selalu mengutamakan pelayanan terbaik kepada wali murid, mulai merancang PBM (proses belajar mengajar) dengan proses PJJ  (Pembelajaran Jarak Jauh) secepat mungkin. Maka langkah pertama yang dilakukan sekolah adalah melatih para guru. Semua guru dilatih untuk memanfaatkan berbagai aplikasi  sebagai penunjang PBM PJJ atau PBM daring. Mulai dari belajar membuat video Pembelajaran dengan menggunakan Power point dan SoM, belajar mengedit video melaui aplikasi Video maker dan Inshot, membuat kelas di google classroom, membuat soal evaluasi dan absen siswa menggunakan google form, praktik PBM melalui zoom, membuat quiz interaktif melalui Kahoot dan quizizz.

Setelah pelatihan maka dimulailah langkah berikutnya, yaitu menyusun rencana pembelajaran PJJ. RPP dibuat sesederhana mungkin sesuai ketentuan kurikulum 2013 dengan langkah –langkah yang dipadukan dengan kurikulum  JSIT (Jaringan Sekolah Islam terpadu) yang mengandung muatan karakter duniawi dan ukhrowi. Dan jadilah RPP PJJ sebanyak dua lembar setiap pertemuan.

 RPP tersebut kemudian dituangkan dalam bentuk PPT (power point)  dan Video. Materi disusun dengan semenarik mungkin untuk siswa dalam bentuk PPT, setelah PPT jadi maka dibuatkan videonya dengan memanfaatkan aplikasi SoM free. Video pembelajaran tersebut disimpan kedalam flash disk dan diperuntukkan untuk siswa yang tidak dapat melaksanakan pembelajaran PJJ dikarenakan berbagai kendala semisal tidak ada sinyal, tidak ada perangkat HP (hand phone) android/laptop atau tidak tersedia kuota. Video tersebut juga di upload di youtube pribadi guru, linknya youtubenya di masukkan ke google classroom masing masing siswa, tujuannya agar siswa dapat mempelajari materi kapanpun dan dimanapun.

Materi PPT juga digunakan saat pembelajaran zoom bersama siswa. Jadwal pembelajaran zoom dibagi tiga siklus, pukul 08.00 – 09.30 kelas 9, pukul 10.30 -12.00 kelas 8 dan pukul 14.00-15.30 kelas 7. Setiap hari hanya satu pelajaran yang disampaikan saat zoom. Dan setelah itu soal evaluasi berupa pilhan ganda, essay, atau proyek diinformasikan dan dikirim ke siswa melalui google classroom. Siswa mengerjakan tugas evaluasi di google classroom.

Tahapan tahapan dalam pembelajaran zoom dengan siswa, pertama guru membagikan link zoom melalui Whats App (WA) grup wali kelas sesuai jadwal, selanjutnya wali kelas meneruskan ke grup WA orang tua atau siswa. Langkah kedua, siswa masuk link zoom , selama menunggu semua siswa masuk ke link, supaya siswa yang telah masuk link tidak bosan, guru menampilkan video seperti lagu lagu yang memotivasi, atau video senam otak dll melalui share screen. Setelah semua siswa masuk kelas zoom maka guru menunjuk salah satu siswa untuk memimpin doa, berikutnya  guru menyapa siswa dan memancing konsentrasi siswa pada pelajaran dengan mengajukan pertanyaan pembuka, langkah ke tiga guru menampikan materi PPT melalui share screen, guru menjelaskan materi slide demi slide . langkah ke 4 diskusi, guru memberikan kesempatan untuk siswa bertanya apabila ada materi yang kurang jelas. Langkah ke empat guru melakukan umpan balik memalui pertanyaan seputar materi yang telah disampakan melalui quis interaktif Kahoot atau Quizizz, bagi tiga nilai tertinggi mendapatkan reward berupa pulsa dan tahapan terakhir guru menginformasikan kepada siswa bahwa tugas evaluasi pembelajaran berupa soal pilihan ganda atau essay atau poyek di google classroom masing masing. Untuk soal pilihan ganda menggunakan aplikasi google form. Selanjutnya siswa mengerjakan tugas evaluasi materi di google classrom masing masing.

Pada moment PHBN (Peringatan Hari besar Nasional ) seperti 17 Agustus diadakan lomba lomba daring yang dilaksanakan melalui Video call Whats App misalnya lomba Pidato Bahasa Arab, lomba Tahfidzul Qur’an, lomba pidato Bahasa Inggris dan lomba menghias kamar dengan tema 17 agustus dibuat dalam bentuk video dan dikirim ke google classroom, lomba mirip pahlawan diupload di instagram pribadi, lomba fotography tema 17 agustus yang tampikan di Instagram sekolah, begitupun pada moment PHBI (Peringatan Hari Besar Islam) seperti Maulid nabi diadakan lomba daring yaitu lomba TIK, pidato Bahasa Inggris, pidato Bahasa Arab, Lomba tahfidzul Qur’an, Solo Song Nasyid yang dibuat dalam bentuk video dan di kirim ke google classroom perlombaan. lomba –lomba tersebut berjalan dengan lancar diikuti dengan antusias oleh siswa siswi perwakilan setiap kelas.

Terakhir pelaksanaan Penilaian Tengah semester atau Penilaian Akhir semester, dilaksanakan secara daring melalui link google form, tahap pertama guru membuat soal pilihan ganda pada aplikasi google form yang terdiri dari dua bagian, bagian pertama adalah nama lengkap, kelas, mata pelajaran, Token. Bagian kedua berupa soal pilihan ganda, untuk mata pelajaran eksak soal sejumlah 45 butir dan mata pelajaran non eksak soal sejumlah 50 butir,  soal di edit hanya dapat satu kali submit, no soal di setting random, waktu di setting menggunakan limiter sesuai jadwal dengan durasi pengerjaan 2 kali 60 menit. Selanjutnya guru meng copy link ke grup WA wali kelas beserta Token, wali kelas meneruskan ke grup WA siswa tepat jadwal soal mulai dikerjakan . siswa melaksanakan ujian sesuai serentak secara daring dengan durasi 2 jam yaitu 2 kali 60 menit, bila semua soal telah terjawab 5 menit sebelum waktu habis  siswa meng submit, bila lewat dari waktu yang ditetapkan atau terlambat submit maka ujian siswa tersebut tidak akan masuk kedalam rekapan nilai google form guru, dan siswa tersebut melaksanakan ujian susulan.

Salah satu hikmah pandemi covid 19 bagi dunia pendidikan adalah tenaga pendidik banyak belajar dan lebih melek tekhlogi terkini untuk membantu dan memudahkan guru dan siswa dalam proses belajar mengajar PJJ selama masa pandemi covid 19, khususnya di sekolah tempat saya mengajar yaitu SMPIT Iqra’ Kota Bengkulu bila kemudian nanti pandemi ini berakhir guru guru tetap dapat menggunakan berbagai aplikasi yang telah mereka kuasai tersebut di atas untuk membuat variasi dalam PBM sehingga terciptalah PBM yang menyenangkan dan berkemajuan.

Semoga tulisan ini bermanfaat untuk sekolah sekolah lain yang mungkin masih kesulitan dalam melaksankan pola pembelajaran PJJ. Semoga sekolah sekolah baik negeri dan swasta tetap dapat memberikan layan terbaik untuk orang tua siswa dan siswa siswinya.

http://gurupenggerakindonesia.com.

Bengkulu, 20 Oktober 2020

Susiarpa

Profil Penulis



Dilahirkan di Bengkulu Selatan, tepatnya desa Durian sebatang, Kedurang , pada tanggal 10 Nopember 1980. Merupakan anak ke tujuh dari tujuh bersaudara dari pasangan Mulilladi dan Jamria. Menempuh pendidikan dimulai dari SD negeri Pajar Bulan (lulus tahun 1993), SMP Swasta Pancasila (lulus tahun 1996), SMA Negeri 6 Kota Bengkulu (lulus tahun 1999), Universitas Bengkulu (lulus tahun 2004). Penulis adalah guru SMPIT IQRA KOTA BENGKULU, senang belajar hal baru yang berkaitan dengan TIK dan dunia tulis menulis, Mengharap amal jariah melalui tulisan, hidup penuh manfaat, sedekah apapun yang bisa meski hanya senyuman.

Subscribe to receive free email updates:

1 Response to "Gara-Gara Pandemi"