Gara-Gara Pandemi
Maret 2020 adalah bulan yang tidak akan mudah dilupakan oleh
semua orang, terutama tenaga pendidik, pelajar dan mahasiswa. Dimana ketika
penyebaran covid 19 makin meluas maka mas mentri Nadiem Makarim memutuskan sekolah
melaksanakan PBM dengan pola BDR (bekerja dari rumah) bagi guru-guru dan PJJ
(pembelajaran jarak jauh) bagi siswa siswi. Terutama daerah dengan status zona
merah dan zona kuning. Tidak semua guru siap dengan kodisi yang tiba tiba berubah, maka
diperlukan langkah cepat untuk mengatasi hal tersebut, karena proses
belajar mengajar tidak boleh berhenti, sebagai pendidik tugas guru untuk
mencerdaskan anak bangsa harus terus berjalan, maka tugas gurulah menyiapkan
pembelajaran menyenangkan dan tidak membosankan selama PJJ..
SMPIT Iqra sebagai sekolah swasta di Kota Bengkulu yang
memang selalu mengutamakan pelayanan terbaik kepada wali murid, mulai merancang
PBM (proses belajar mengajar) dengan proses PJJ
(Pembelajaran Jarak Jauh) secepat mungkin. Maka langkah pertama yang
dilakukan sekolah adalah melatih para guru. Semua guru dilatih untuk
memanfaatkan berbagai aplikasi sebagai
penunjang PBM PJJ atau PBM daring. Mulai dari belajar membuat video
Pembelajaran dengan menggunakan Power point dan SoM, belajar mengedit video
melaui aplikasi Video maker dan Inshot,
membuat kelas di google classroom, membuat soal evaluasi dan absen siswa
menggunakan google form, praktik PBM melalui zoom, membuat quiz interaktif
melalui Kahoot dan quizizz.
Setelah pelatihan maka dimulailah langkah berikutnya, yaitu
menyusun rencana pembelajaran PJJ. RPP dibuat sesederhana mungkin sesuai
ketentuan kurikulum 2013 dengan langkah –langkah yang dipadukan dengan
kurikulum JSIT (Jaringan Sekolah Islam terpadu) yang mengandung muatan
karakter duniawi dan ukhrowi. Dan jadilah RPP PJJ sebanyak dua lembar setiap
pertemuan.
RPP tersebut kemudian
dituangkan dalam bentuk PPT (power point) dan Video. Materi disusun dengan semenarik
mungkin untuk siswa dalam bentuk PPT, setelah PPT jadi maka dibuatkan videonya dengan memanfaatkan
aplikasi SoM free. Video pembelajaran tersebut disimpan kedalam flash disk dan
diperuntukkan untuk siswa yang tidak dapat melaksanakan pembelajaran PJJ
dikarenakan berbagai kendala semisal tidak ada sinyal, tidak ada perangkat HP (hand phone) android/laptop atau tidak tersedia kuota. Video tersebut juga di upload di youtube pribadi
guru, linknya youtubenya di masukkan ke google classroom masing masing siswa,
tujuannya agar siswa dapat mempelajari materi kapanpun dan dimanapun.
Materi PPT juga
digunakan saat pembelajaran zoom bersama siswa. Jadwal pembelajaran zoom dibagi
tiga siklus, pukul 08.00 – 09.30 kelas 9, pukul 10.30 -12.00 kelas 8 dan pukul
14.00-15.30 kelas 7. Setiap hari hanya satu pelajaran yang disampaikan saat zoom.
Dan setelah itu soal evaluasi berupa pilhan ganda, essay, atau proyek diinformasikan dan dikirim ke siswa melalui google classroom. Siswa mengerjakan tugas evaluasi di google
classroom.
Tahapan tahapan dalam pembelajaran zoom dengan siswa, pertama
guru membagikan link zoom melalui Whats App (WA) grup wali kelas sesuai jadwal, selanjutnya wali
kelas meneruskan ke grup WA orang tua atau siswa. Langkah kedua, siswa masuk
link zoom , selama menunggu semua siswa masuk ke link, supaya siswa yang telah
masuk link tidak bosan, guru menampilkan video seperti lagu lagu yang
memotivasi, atau video senam otak dll melalui share screen. Setelah semua siswa
masuk kelas zoom maka guru menunjuk salah satu siswa untuk memimpin doa,
berikutnya guru menyapa siswa dan
memancing konsentrasi siswa pada pelajaran dengan mengajukan pertanyaan pembuka,
langkah ke tiga guru menampikan materi PPT melalui share screen, guru
menjelaskan materi slide demi slide . langkah ke 4 diskusi, guru memberikan
kesempatan untuk siswa bertanya apabila ada materi yang kurang jelas. Langkah
ke empat guru melakukan umpan balik memalui pertanyaan seputar materi yang
telah disampakan melalui quis interaktif Kahoot atau Quizizz, bagi tiga nilai
tertinggi mendapatkan reward berupa pulsa dan tahapan terakhir guru menginformasikan
kepada siswa bahwa tugas evaluasi pembelajaran berupa soal pilihan ganda atau
essay atau poyek di google classroom masing masing. Untuk soal pilihan ganda
menggunakan aplikasi google form. Selanjutnya siswa mengerjakan tugas evaluasi
materi di google classrom masing masing.
Pada moment PHBN (Peringatan Hari besar Nasional ) seperti 17 Agustus diadakan lomba lomba daring yang
dilaksanakan melalui Video call Whats App misalnya lomba Pidato Bahasa Arab,
lomba Tahfidzul Qur’an, lomba pidato Bahasa Inggris dan lomba menghias kamar
dengan tema 17 agustus dibuat dalam bentuk video dan dikirim ke google
classroom, lomba
mirip pahlawan diupload di instagram pribadi, lomba fotography
tema 17 agustus yang tampikan di Instagram sekolah, begitupun pada moment PHBI
(Peringatan Hari Besar Islam) seperti Maulid nabi diadakan lomba daring yaitu
lomba TIK, pidato Bahasa Inggris, pidato Bahasa Arab, Lomba tahfidzul Qur’an,
Solo Song Nasyid yang dibuat dalam bentuk video dan di kirim ke google
classroom perlombaan. lomba –lomba tersebut berjalan dengan lancar diikuti dengan antusias oleh
siswa siswi perwakilan setiap kelas.
Terakhir pelaksanaan Penilaian Tengah semester atau Penilaian
Akhir semester, dilaksanakan secara daring melalui link google form, tahap
pertama guru membuat soal pilihan ganda pada aplikasi google form yang terdiri
dari dua bagian, bagian pertama adalah nama lengkap, kelas, mata pelajaran,
Token. Bagian kedua berupa soal pilihan ganda, untuk mata pelajaran eksak soal
sejumlah 45 butir dan mata pelajaran non eksak soal sejumlah 50 butir, soal di edit hanya dapat satu kali submit,
no soal di setting random,
waktu di setting
menggunakan limiter sesuai jadwal dengan durasi pengerjaan 2 kali 60 menit. Selanjutnya
guru meng copy link ke
grup WA wali kelas beserta Token, wali kelas meneruskan ke grup WA siswa tepat
jadwal soal mulai dikerjakan . siswa melaksanakan ujian sesuai serentak secara
daring dengan durasi 2 jam yaitu 2 kali 60 menit, bila semua soal telah
terjawab 5 menit sebelum waktu habis
siswa meng submit, bila lewat dari waktu yang ditetapkan atau terlambat
submit maka ujian siswa tersebut tidak akan masuk kedalam rekapan nilai google
form guru, dan siswa tersebut melaksanakan ujian susulan.
Salah satu
hikmah pandemi covid 19 bagi dunia pendidikan adalah tenaga pendidik banyak
belajar dan lebih melek tekhlogi terkini untuk membantu dan
memudahkan guru dan siswa dalam proses belajar mengajar PJJ selama masa pandemi
covid 19, khususnya di sekolah tempat saya mengajar yaitu SMPIT Iqra’ Kota Bengkulu bila kemudian nanti pandemi
ini berakhir guru guru tetap dapat menggunakan berbagai aplikasi yang telah
mereka kuasai tersebut di atas untuk
membuat variasi dalam PBM sehingga terciptalah PBM yang menyenangkan dan
berkemajuan.
Semoga tulisan ini bermanfaat untuk sekolah sekolah lain yang mungkin masih kesulitan dalam melaksankan pola pembelajaran PJJ. Semoga sekolah sekolah baik negeri dan swasta tetap dapat memberikan layan terbaik untuk orang tua siswa dan siswa siswinya.
http://gurupenggerakindonesia.com.
Bengkulu, 20
Oktober 2020
Susiarpa
Profil Penulis
Dilahirkan di
Bengkulu Selatan, tepatnya desa Durian sebatang, Kedurang , pada tanggal 10
Nopember 1980. Merupakan anak ke tujuh dari tujuh bersaudara dari pasangan
Mulilladi dan Jamria. Menempuh pendidikan dimulai dari SD negeri Pajar
Bulan (lulus tahun 1993), SMP Swasta Pancasila (lulus tahun 1996), SMA Negeri 6
Kota Bengkulu (lulus tahun 1999), Universitas Bengkulu (lulus tahun
2004). Penulis adalah guru SMPIT IQRA KOTA BENGKULU, senang belajar hal
baru yang berkaitan dengan TIK dan dunia tulis menulis, Mengharap amal jariah
melalui tulisan, hidup penuh manfaat, sedekah apapun yang bisa meski hanya
senyuman.
Makasih Bu sudah mampir
BalasHapus