Pucuk Dicinta Ulam Tiba

      


              Sudah lama sekali saya ingin menjadi penulis namun terkendala kurangnya rasa percaya diri, bahkan untuk sekedar menulis caption di instagram atau di Facebook saja takut takut, khawatir menyinggung, khawatir dinilai negatif sehingga apa yang ingin disampaikan hanya tertahan dijemari. Namun kini tidak lagi setelah taqdir Allah mempertemukan saya dengan Om Jay dan Bu Kanjeng di grup WA Belajar Menulis Gelombang 13.

Awal mula cerita kenapa saya sampai kecebur di grup WA belajar menulis gelombang 13 adalah saat grup WA MGMP Bahasa Inggris SMP Kota Bengkulu menginfokan tentang seminar denga tema “menulis itu indah” bersama para narasumber hebat, ada prof .Safnil Arsyad Ph.D., MA, Dip.TESOL, Dip.TESL,  beliau adalah dosen sarjana saya saat itu, yang tulisannya telah diterbitkan diberbagai jurnal nasional maupun internasional , dan pembicara ke 2 pak Wijaya Kusuma yang terkenal dengan nama Om Jay dan pemateri lain yang hebat hebat. Dan pembicara seminar yang paling mempesona hari itu buat saya adalah Om Jay.

        Siapakah Om Jay sebenarnya? Seorang guru senior yang juga seorang guru blogger dengan segudang prestasi dalam bidang tulis menulis sungguh sangat mengagumkan, setiap kata yang diucapkan Om Jay begitu enak didengar, slide demi slide yang beliau tampilkan tak henti saya berucap memuji atas prestasi yang beliau raih. Saya kagum dengan prinsip Om Jay, menulis untuk berbagi. Niat berbagi karena Allah SWT, dijalani dengan senang hati tanpa memikirkan akan dapat uang, penghargaan dll dan Kalimat yang paling berkesan  adalah motto beliau, sangat keren sekali  yaitu "Menulis yang tidak penting menjadi penting". motto yang membuat saya sebagai penulis pemula menjadi percaya diri untuk menulis apapun tanpa ragu dihakimi jelek hehe, makasih Om Jay. Dari Om Jay jugalah saya jadi melek tentang dunia tulis menulis di Blog alias jadi blogger. By the way teman teman dapat membaca tulisan tulisan Om Jay di link blognya  klik http://wijayalabs.com dan chanel youtubenya http://youtube.com/wijayalabs.

Om Jay sungguh baik hati mau dengan ikhlas mengajari guru guru menulis secara gratisdi grup WA yang beliu buat, saya dimasukkan ke dalam grup "Belajar Menulis Gelombang 13" Maa sya Allah semoga Allah alirkan terus pahala jariah untuk om Jay dan keluarga. Dari materi om Jay di seminar Zoom saya baru ngeh tentang Blog, saya kurang familiar dengan Blog, karna Blog tidak sepopuler Facebook, Twitter atau Instagram. Atau jangan jangan karna saya yang kudet alias kurang update hehe.

Dan siapa pula ibu kanjeng ?. Bu Kanjeng adalah motivator, inspirator hebat dalam dunia tulis menulis, bagaimana tidak beliau memulai karir menulisnya bukan dari usia kanak kanak tapi diusia yang sudah mulai senja , namun tidak ada kata terlambat untuk belajar hal baru bagi bu kanjeng, sambil kuliah magister diusia yang tidak muda lagi  bu kanjeng mulai menggeluti dunia tulis menulis, dan hingga saat ini telah banyak buku yang telah beliau terbitkan dan menjadi salah satu guru penulis yang sangat produktif, bu kanjeng sangan menginspirasi saya juga, saat ini usia saya menginjak 40 tahun, menurut saya ini adalah usia emas saya untuk produktif dan memberikan yang terbaik untuk bangsa dan negara sesuai kemampuan saya.



berikut materi paling keren dari Bu kanjeng untuk para penulis pemula agar terus semangat menulis seperti beliau yang disampaikan pada kami peserta Belajar Menulis Gelombang 13:

  • Banyak membaca, apa yang kita baca amat menentukan gaya kepenulisan kita.
  • Mencoba menulis di komputer Anda, buku harian Anda, ataupun di media sosial seperti facebook, dan juga blog.Semakin banyak kita menulis maka kita semakin mengasah kemampuan kita untuk menulis.
  • Mengirimkan tulisan ke media cetak atau ke penerbit buku.

Dan berikut ini adalah tips agar disiplin menulis:

Ø  Buat kerangka tulisan (outline).

Ø  Buat target atau dead line

Ø  Fokus menyelesaikan tulisan Anda

Ø  Reward & punishment

Ø  Memilih Judul Yang Menarik

Ø  Sesuaikan dengan tema tulisan. Sebelum membuat judul yang menarik, buatlah judul tersebut sesuai dengan tema tulisan

Ø  Buat judul dengan kata yang mudah diingat.

Ø  Buatlah judul yang membuat orang penasaran untuk membaca isinya.

Ide adalah hal penting dalam berkarya. Untuk membuat sebuah tulisan membutuhkan ide. Kesulitan mencari ide? Berikut adalah beberapa tips mencari ide:

  • Bacalah sebanyak mungkin buku.
  • Refreshing. Pergi ke tempat-tempat yang belum pernah dikunjungi untuk menyegarkan otak Anda dari rutinitas.
  • Tulis apa yang bisa Anda tulis Jika Anda belum mendapatkan ide, cobalah.
  • Cari referensi dari berbagai media
  •  Anda juga bisa menggunakan cara ATM (Amati, Tiru, Modifikasi).

 Tips Mengirim naskah ke penerbit :

Sebelum mengirimkan naskah ke penerbit, ada beberapa hal yang harus diperhatikan:

*       Siapkan naskah yang Rapi

*       Pilih Penerbit yang sesuai dengan jenis naskah Anda.

*       Perhatikan tata cara pengiriman dan ketentuan mengirim naskah ke penerbit yang bersangkutan. Misal, ada penerbit yang hanya menerima naskah dalam bentuk cetak, ada pula penerbit yang menerima naskah dalam bentuk file lewat email. Dalam ketentuan pun biasanya penerbit berbeda beda. Misalkan untuk penerbit tertentu mensyaratkan naskah 10-15 halaman kemudian ketentuan margin, dan ketentuan lain sebagainya.

*       kirimkan naskah beserta sinopsis.

Dari tiupan semangat dan motivasi dari Om Jay dan ibu kanjeng, maka mulailah saya membuat blog, saya tutorial di youtube untuk membuatnya, dan mulailah saya menulis tentang pengalaman saya, sesuatu yang akan mudah saya tuangkan dalam tulisan karna tinggal menceritakan apa yang saya alami. Dan ini adalah tulisan ke 3 saya , ala kullihal alhamdulillah.

semoga bermanfaat

Salam semangat literasi


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to " Pucuk Dicinta Ulam Tiba"

Posting Komentar