Berdaya Bersama MGMP Bahasa Inggris Kota Bengkulu

 

Salah satu model upaya guru meningkatkan karir dan profesinya yang dilakukan  secara sistematis dan berkelanjutan dalam pengembangan profesi berkelanjutan adalah KKG atau MGMP.

KKG (Kelompok Kerja Guru) atau MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran) adalah organisasi resmi yang diatur undang undang No. 14 tahun 2005 tentang guru dan dosen.




Setiap hari Rabu pagi dari pukul 08.30 sampai dengan 11.00 dilaksanakan kegiatan MGMP ( Musyawarah Guru Mata Pelajaran) mata pelajaran Bahasa Inggris SMP Kota Bengkulu. MGMP berjalan dengan lancar berkat kekompakan anggotanya, MGMP ini diketuai ibu Yenti Priani, S.Pd M.Pd. guru SMPN 1 Kota Bengkulu.

Pandemi covid 19 turut pula berdampak terhadap kegiatan MGMP mapel Bahasa Inggris Kota Bengkulu. MGMP harus melakukan adaptasi. Kegiatan MGMP akhirna secara daring melalui Zoom, hari ini adalah pertemuan ke-5, Master ceremony membuka acara dengan do'a. berikutnya para guru yang tergabung dalam MGMP saling berbagi pengetahuan tentang  pembelajaran. 

Senang sekali saya bisa bergabung di MGMP, Banyak hal baru yang saya dapatkan. Dari teman teman guru sekolah lain. Tidak hanya informasi  tetapi juga belajar hal baru yang berkaitan dengan pembelajaran. Contoh hal baru yang saya dapatkan dari kegiatan MGMP adalah belajar tentang penggunaan rumah belajar, membuat animasi pembelajaran melalui aplikasi plotagon, Viki, renderforest. Dan masih banyak lagi yang lainnya.

Pertemuan ke 5 ini kami belajar membuat video pembelajaran dengan menggunakan Screencast Omatic dan belajar memanfaatkan aplikasi Edu Candy untuk media pembelajaran. Para peserta langsung praktik dari rumah masing masing.

Pembelajaran akan semakin baik bila guru senantiasa berusaha mengembangkan dirinya. Dan pastinya juga akan berdampak positif untuk siswa. MGMP, dari guru oleh guru untuk guru.


Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "Berdaya Bersama MGMP Bahasa Inggris Kota Bengkulu"