Kisah Sukses Alumni Kelas Menulis



Profil Narasumber 

https://youtu.be/E3Bet1O3OKw

Kita dapat melihat profil beliau di halaman YouTube ibu Eva Haryati Israel, S.Kom. Ibu Eva Herawati Israel adalah seorang penulis yang juga seorang duta rumah belajar yang berasal dari Kupang, Nusa Tenggara Timur.

Perjalanan Dalam Dunia Tulis Menulis

https://evaman219.blogspot.com/2020/09/menulis-buku-7-hari-mungkinkah.html

Dari laman blog ibu Eva Haryati diatas kita dapat mengetahui tentang perjalanan beliau dalam menjawab tantangan menulis dalam tujuh hari,tantangan yang dilemparkan Bapak Wijaya Kusumah dan Prof Eko Indrajit kepada peserta kelas belajar menulis. Diawal ibu Eva merasa ragu apa bisa menjawab tantangan tersebut. Dengan bismillah dan keyakinan beliau mencoba menjawab tantangan tersebut dan hasilnya tulisan beliau menjadi salah satu yang terbaik beserta 8 peserta yang lainnya, yang tulisannya di terbitkan penerbit mayor (penerbit Andi Jogja) tanpa revisi. Dari sanalah hadir karya sebuah buku yang cukup best seller, terjual lebih dari 100 eksemplar. 

Karya buku tersebut tidak hadir tiba tiba, beliau telah mengawali proses belajar kepenulisan dari dasar bersama kelas belajar gelombang 7  asuhan Bapak Wijaya Kusuma di bulan Maret saat pertama pandemi covid 19 melanda Indonesia. beliau teringat diawal pertemuan pembelajaran, Om Jay nama akrab sapaan peserta kepada Bapak Wijaya Kusuma meminta semua peserta menulis tiga paragrap setiap hari tentang hal hal ringan yang Om Jay lemparkan ke peserta, misalnya menulis tentang siomay, kucing, bayi dll. Tujuannya adalah melatih peserta untuk terbiasa merangkai kata menjadi tulisan yang sedap dibaca. 

Selama proses belajar dalam grup menulis bersama om jay ini, refleksi peristiwa, Perasaan dan pembelajaran serta pengembangan diri bisa kita dapatkan dalam komunitas menulis ini. Ibu Eva merasakan Hal yang menarik lainnya yang di dapatkan dari proses menulis di grup kelas belajar menulis hingga bisa lolos kurasi dan di terbitkan oleh penerbit Mayor adalah bertambah wawasan dan keilmuan tentang publikasi dan teknik menentukan tema penulisan yang sesuai tren zaman. Beliau menjelaskan beberapa hal yang  didapatkan dari grup menulis ini adalah hadirnya narasumber narasumber yg luar biasa yang terus berbagi dan memotivasi. 

Cara Menerbitkan Buku Dan Manfaatnya

Ibu Eva juga membagikan tips agar buku bisa lolos ke penerbit mayor jika memenuhi beberapa kriteria diantaranya adalah tema buku jika di cari pada google trends menunjukkan grafik yang bagus. Profil penulis, semakin terkenal dan kredibel akan sangat baik. Target pasar yang menguntungkan. Ragam tulisan kita sesuai dengan visi misi penerbit.

Lalu, apa keuntungan yang kita dapatkan ketika kita berhasil menulis dan buku yg kita tulis itu diterbitkan? Yang pertama kepuasan batin. Satu hal yang tidak bisa di ukur dengan apapun. Kedua, Integritas, kredibilitas dan percaya diri semakin baik. Ketiga, motivasi bertambah. Ke empat, terbuka peluang peluang baru untuk menjadi narasumber, motivator menulis dan hal hal positif lainnya. Dan yang terakhir adalah mendapatkan royalti. 

Dari pemaparan Ibu Eva Haryati saya belajar tentang semangat, keberanian untuk menjawab tantangan hidup, keluar dari zona nyaman. Bila sudah bertekad maka kesulitan akan berganti dengan kemudahan, Allah akan bukakan jalannya untuk orang orang yang mau memperbaiki diri. Allah SWT tidak akan merubah keadaan suatu kaum kecuali dia sendiri yang ingin merubahnya. 

Sebagai peserta pemula dikelas belajar menulis ini, saya semakin yakin dan bertambah semangat, bahwa bila Ibu Eva bisa, In sya Allah sayapun bisa.

Salam semangat literasi


Subscribe to receive free email updates:

8 Responses to "Kisah Sukses Alumni Kelas Menulis"

  1. Pasti bisa, Mak Butet! Semangat yo semangat!

    BalasHapus
  2. Keren.....resume lengkap,informatif dan menarik. Sukses selalu...

    BalasHapus
  3. Mantap tulisan resume ya bisa dijadikan bahan belajar dan penyemangat menulis. Terimakasih Bu dan salam sukses selalu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih dan sukses juga buao pak haryanto

      Hapus
  4. Mantaap Mak butet, luar biasa semanagatnya....

    BalasHapus