MENULIS DENGAN HATI BERUJUNG PRESTASI

 


Profil pemateri 

Bapak Dede Suryana S,Pd., M.M. kelahiran Garut 08 Juli 1968. Akrab disapa Abah. Mengabdi sebagai guru honorer di SDS Kemala Bhayangkari 1 Bandung. Telah mengabdi sebagai guru selama 33 tahun 4 bulan.

Prestasi yang Pernah diraih 



Juara 2 lomba inovasi guru tingkat Nasional tahun 2019

Anugrah Widyatama Penggiat Inklusif tingkat Kota Bandung

Juara 2 Inovasi Pembelajaran guru SD pendidikan inklusif tingkat nasional tahun 2019

Finalis workshop perlombaan karya Inovasi pembelajaran bagi guru tingkat Sekolah Dasar.

Guru Inspirasi tingkat Nasional 2020

Menulis Dengan Hati

 Abah Dede bercerita bahwa kesuksesan dan penghargaan yang beliau raih saat ini tak lepas dari pertolongan Allah SWT, Allah mempermudah segala untuk abah. Sebagai guru honorer, Abah mungkin tidak menerima gaji sebesar guru ASN, namun jiwa Abah sudah menyatu dengan pekerjaannya. Abah ikhlas meski belum juga diangkat sebagai ASN. Abah tetap mengajar dengan sepenuh hati. Dan Abah senang mendapatkan doa dari anak didiknya. waktu pengabdian yang menurut saya sangat layak untuk Abah diangkat menjadi ASN. Tapi mungkin rezeki Abah dari tempat lain. Namun mengabdi untuk mencerdaskan bangsa tidaklah mesti menjadi ASN, panggilan hati Abah melihat anak anak inklusif. 33 tahun lebih Abah telah mengabdi disebagai guru disekolah khusus anak inklusif. Wah ini juga luar biasa. Karena tidak semua orang sanggup dan sabar mendidik dan mengajar anak dengan kebutuhan khusus. Rasa kagum saya semakin bertambah.

Semangat Abah Dede tidak hanya mengajar, setelah berkenalan dengan Om Jay (Bapak Wijaya Kusuma). Abah tertarik pula dengan dunia tulis menulis, maka mulailah Abah menuliskan pengalamannya sebagai guru. Terutama guru dengan anak berkebutuhan khusus. Beberapa kali ikut lomba Abah di beri kemudahan dalam menjalaninya. Meski awalnya Abah kesulitan biaya transportasi dll, tetapi Allah selalu menolong Abah sehingga Abah dapat menyelesaikan kompetisi tulis menulis dan Juara 2 Nasional. Tidak itu saja, Abah Dede menerima keberkahan lagi tahun ini sebagai guru inspiratif tingkat Nasional. 


Apa itu Sekolah Inklusi




 Prosedur untuk menjadi sekolah inklusif, perlu di ketahui bahwa inklusif adalah filosofi pendidikan, bukan lembaga, inklusif adalah sistem pendidikan yang mengakomodir seluruh peserta didik baik yang reguler atau pun ABK tanpa diskriminasi

Adapun prosedurnya adalah sekolah mulai membuat proposal ditunjukan kepada dinas kota/kabupaten, lalu dinas kota akan memverifikasi ke sekolah, setelah itu dinas kota meneruskan ke dinas provinsi. Dinas provinsi yg akan mengeluarkan surat keputusan sebagai sekolah penyelenggara pendidikan inklusif.

 " Perbedaan janganlah dijadikan Masalah akan tetapi jadikanlah perbedaan itu sebagai anugrah, peserta didik adalah guru dan sebagai ilmu"

 ( Abah Dede Suryana)

Subscribe to receive free email updates:

5 Responses to "MENULIS DENGAN HATI BERUJUNG PRESTASI"