FROM RESUME TOBE A BOOK


Bagaiman tips menulis yang gampang untuk dijadikan sebuah buku?. Tulisan apa saja yang bisa diterbitkan menjadi sebuah buku?  Sulit atau gampangkah menerbitkan sebuah buku saat ini? Apa saja syarat layak cetak? Yuk simak kupas tuntas tentang dunia penulisan dan penerbitan buku oleh mr. Brian Prasetyawan yang saya rangkum dari WAG belajar menulis gelombang tiga belas binaan Om Jay, keren abeeezz...




Awal perkuliahan mr. Bams memulai dengan cerita awal mula beliau menulis hingga kemudian dapat enirbitkan sebuah buku. Mr. Bams memulai menulis di blog sejak tahun 2009 dan baru pada akhir 2013 mr.Bams memulai keinginan menerbitkan karya tulisnya menjadi sebuah buku. keinginan tersebut masih ada jejak digitalnya. Bisa dilihat di: https://www.liputan6.com/citizen6/read/782602/resolusi-2014-mencipta-buku-setahun-satu. Namun terkendala kurangnya informasi hingga akhirnya pada 2019 mr. Bams mulai bangkit lagi karena tidak sengaja menemukan hashtag di Instagram tentang penerbit Indie.  Ternyata  menerbitkan buku sekarang lebih mudah dan banyak pilihan dengan adanya penerbit indie. Mr. Bams semangat menyelesaikan naskah hingga akhirnya pada Oktober 2020 mengirim naskah buku pertama ke salah satu penerbit Indie.  Perlu waktu 3 bulan untuk menunggu sampai buku terbit. Akhirnya pada akhir Januari 2020, buku pertama mr. Bams terbit.

Setelah buku pertama terbit, kemudian mr. Bams ditakdirkan bergabung dengan grup pelatihan belajar menulis. Ketika itu memasuki gelombang 4. Mr. Bams seperti menemukan jodohnya, berada satu grup dengan guru-guru yang juga suka menulis.  Semangat Mr.Bams menjadi berkali-kali lipat hingga menerbitkan buku solo pada Mei dan Juni 2020.keren sekali kisah mr. Bams, semoga saya dan teman teman yang tergabung di grup kelas beljar menulis dapat mengikuti jejak mr. Bams dapat juga menerbitkan buku.

 Berikutnya mr. Bams memaparkan tentang cara menerbitkan buku baik di penerbit indie atau penerbit mayor. Ada beberapa penerbit yang sudah dikenal di kelas menulis yaitu Kamila Press dan YPTD. Penulis harus tau ketentuan/persyaratan dari tiap penerbit tersebut. Teman teman juga dapat menerbitkan buku melalui mr. Bams.

Dapatkah kumpulan resume dijadikan sebuah buku? Mr. Bams menjelaskan tulisan apapun bisa diterbitkan menjadi buku termasuk kumpulan resemu. Berikut prosesnya; kumpulan 20 tulisan resume digabung dalam satu file microsoft word. settingan file microsoft word ini perlu disesuaikan dengan format penerbit. Kalau format penerbit rekanan mr. Bams adalah seperti berikut;

Ukuran kertas A5 (14x20cm)

Huruf times new roman, ukuran 12

Spasi 1,5

Margin 2 cm semua

Paragraf rata kiri-kanan (justify)

Kemudian masukkan juga kelengkapan naskah dalam file naskah kumpulan resume

Kelengkapan naskah yaitu:

cover ( judul buku dan nama penulis saja), kata pengantar, daftar isi (tanpa nomor halaman), profil penulis, sinopsis (3 paragraf. Masing-masing paragraf 3 kalimat)

[19.58, 26/10/2020] Aam Nurhasanah: Urutannya:

Cover

Kata Pengantar

Daftar Isi

Isi naskah

Profil Penulis

Sinopsis

Jadi semuanya dalam satu file. Tidak dipisah-pisah menjadi beberpa file. jika sudah siap, silakan kirim ke WA Mr. Bams. jadi tidak perlu ragu pada resumenya masing-masing.  Untuk menerbitkan di penerbit rekanan mr. Bams, biayanya 300.000. Penulis mendapat fasilitas penerbitan:

Desain cover

ISBN

Layout

Edit ringan

2 Buku bukti terbit

E-Sertifikat

Mr. Bams  juga memberi saran agar terus termotivasi dalam menulis dan meningkatkan kepercayaan diri, Jika motivasi dari diri sendiri, ada kemungkinan akan naik-turun. Maka sebaiknya ikutan komunitas, seperti pelatihan belajar menulis. Untuk percaya diri, banyak membandingkan buku-buku dari berbagai penerbit indie. Ternyata isi tulisannya tidak harus yang berat-berat. Tulisan tentang keseharian saja bisa diterbitkan. Betul bahwa kita perlu melakukan swasunting atau mengedit sendiri. tapi tidak usah membayangkan mengedit dengan ketentuan tingkat tinggi.  Edit saja hal-hal kecil seperti typo (salah ketik) dan merapikan susunan paragraf. ilmu mengedit bisa dimulai dari dua hal sederhana: Paragraf jangan berisi terlalu banyak kalimat, Mulailah membiasakan membuat kalimat yang pendek-pendek. Kalimat panjang cenderung akan membingungkan ”

Kesimpulan adalah sekarang ini menerbitkan buku semakin mudah. Tulisan apapun bisa diterbitkan. Ditambah lagi bila teman teman sudah bergabung dengan grup belajar menulis. Jalan yang harus dilewati untuk menerbitkan buku semakin jelas dan terbuka. Maka mari tuntaskan sampai buku terbit. Jangan berhenti di satu buku. Mudah-mudahan berlanjut menerbitkan buku kedua, ketiga, dan seterusnya.

Semangat menulis

Salam literasi untuk indonesia lebih baik


Subscribe to receive free email updates:

2 Responses to "FROM RESUME TOBE A BOOK"